Sosialisasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Tingkat Primer Antara Puskesmas dan FKTP Lainnya

By Dinkes Solok 23 Sep 2022, 20:50:47 WIB Bidang Pelayanan Kesehatan

Berita Terkait

Berita Populer

Sosialisasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Tingkat Primer  Antara Puskesmas dan FKTP Lainnya

Dalam rangka meningkatkan penguatan pelayanan primer terintegrasi antara Puskesmas dengan FKTP lainnya, Bidang Pelayanan dan Bidang P2p Dinas Kesehatan Kabupaten Solok mengadakan kegiatan Sosialisasi Integrasi Pelayanan Kesehatan Tingkat Primer  Antara Puskesmas dan FKTP Lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Solok Nan Indah Sekretariat Daerah pada Kamis, 22 September 2022 yang diikuti oleh Kepala Puskesmas dan Pengelola Program PTM se-Kabupaten Solok, perwakilan dari Dokter praktek mandiri, Bidan Praktek mandiri dan Perawat praktek mandiri serta Pimpinan Klinik Swasta yang ada di wilayah Kabupaten Solok.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan  penguatan  fungsi PHC (Primary Health Care ) dimana salah satunya adalah melalui integrasi. Integrasi pelayanan kesehatan di FKTP, sebagai salah satu program untuk mewujudkan kegiatan “peningkatan kapasitas dan kapabilitas layanan primer” yang menjadi salah satu kegiatan pada transformasi kesehatan di layanan primer.

Dalam Sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Bapak Zulhendri, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa Integrasi pelayanan kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang merespon kebutuhan individu dan populasi melalui pemberian program pelayanan kesehatan yang berkualitas baik secara komprehensif mulai dari promosi kesehatan, pencegahan penyakit, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan perawatan paliatif yang diberikan oleh tim multidisiplin yang bekerja secara bersama-sama dalam suatu wilayah yang dihimpun dalam perjanjian kerjasama dibawah koordinasi Dinas Kesehatan. Integrasi bermanfaat untuk meningkatkan akses, mengurangi rawat inap dan rawat inap kembali (readmisi), meningkatkan kepatuhan berobat, meningkatkan kepuasan pasien, meningkatkan literasi kesehatan dan promosi kesehatan bagi masyarakat, meningkatkan kepuasan kerja bagi petugas kesehatan dan meningkatkan efisiensi.

Dengan adanya penguatan komitmen bersama dalam bentuk Nota Kesekapatan antara Dinas Kesehatan dan FKTP lainnya dalam pelaksanaan Integrasi Integrasi pelayanan kesehatan tingkat primer ini maka pencapaian program nasional terutama Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan dapat tercapai sesuai target yang ditetapkan. ( Read-SDMK/SDK )




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment