PUSKESMAS SURIAN MENUJU AKREDITASI UTAMA

By Dinkes Solok 31 Okt 2018, 13:08:27 WIB Kesehatan
PUSKESMAS SURIAN MENUJU AKREDITASI UTAMA

Arosuka - Tim Surveior Akreditasi Puskesmas  melakukan survei akreditasi di Puskesmas Surian, Kecamatan Pantai Cermin  Kabupaten Solok selama tiga hari.(25 s/d 27 Oktober 2018).Tim survei terdiri Surveior Administrasi Manajemen dr.Embry Netty M. Kes dari Jakarta, Surveior Upaya Kesehatan Masyarakat Willy Purnawarman, SKM, M.Kes  dari Jawa Barat serta Surveior Upaya Kesehatan Perorangan dr. Lusi Darmayanti, MPH (Ketua) dari Lampung.

Puskesmas Surian merupakan Puskesmas ke-14 (empat belas) yang disurvei akreditasi  dari 19 Puskesmas di Kabupaten Solok. ''Kami mendukung program pemerintah untuk meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas melalui pendekatan penilaian akreditasi,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dr Hj. Sri Efianti, M.Kes..

Pada acara pembukaan survei akreditasi di Puskesmas Surian dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok beserta  jajaran, Camat Pantai Cermin yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Forkopimcam, UPT se Kecamatan Pantai Cermin  dan Kader Kesehatan.

Penilaian akreditasi diawali dengan Presentasi oleh Kepala Puskesmas Surian terkait gambaran kondisi kesehatan, permasalahan dan upaya-upaya pelayanan yang dilakukan, baik Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Administrasi dan Manajemen Puskesmas (Admen), Upaya Peningkatan Mutu, Upaya Peningkatan Kinerja dan Upaya untuk keselamatan pasien (patient safety).

Ketua Tim Surveyor mengatakan Akreditasi Puskesmas bukan hanya penilaian dokumen tapi juga melihat sejauh mana yang ditulis apakah diterapkan dalam peningkatan mutu pelayanan. Intinya tulis yang kita kerjakan dan kerjakan apa yang kita tulis.

Penilaian akreditasi dilanjutkan dengan telaah dokumen Administrasi dan Manajemen Puskesmas (Admen), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan dokumen Upaya Kesehatan Perorangan (UKP). Telaah dokumen diikuti dengan telusur pada sasaran dengan wawancara dan observasi untuk melihat sejauhmana pemahaman terhadap dokumen dan berjalannya sistem. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fasilitas meliputi sarana dan prasarana.

Dalam menghadapi akreditasi Puskesmas Surian sangat di dukung oleh Lintas Sektoral dengan melengkapi peralatan kesehatan  Poskesri yang berasal dari Dana Nagari Tahun 2018.  Puskesmas Surian bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan  slogan SURIAN (Solid, Ulet, Ramah, Integritas, Akuntabel dan Nyaman)

Penilaian diakhiri dengan exit conference, yang memberikan gambaran hasil survei secara umum kepada Puskesmas Surian. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok berharap agar penilaian akreditasi ini berdampak pada peningkatan mutu pelayanan Puskesmas sehingga masyarakat menjadikan Puskesmas menjadi pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan terhadap pelayanan kesehatan.(admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment