Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke – 54 di Kabupaten Solok

By Dinkes Solok 22 Nov 2018, 19:05:08 WIB Kesehatan
Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke – 54 di Kabupaten Solok

Arosuka – Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) ke – 54 di Kabupaten Solok diadakan Lapangan Bola Kaki Koto Baru Tambak Nagari Paninggahan Kecamatan Junjung Sirih. Acara HKN dengan mengambil tema, “ Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita”, acara dihadiri oleh Bupati Solok H Gusmal, SE, MM, para Asisten, para Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Desna Devi Gusmal, Camat Junjung Sirih Herman, S.Sos, Forkompimcam Junjung Sirih dan seluruh Kepala Puskesmas beserta staf.                                                                                                     

Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Sri Efianti, M. Kes menyampaikan melalui momentum peringatan HKN ini dapat mengajak masyarakat dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) guna mensukseskan visi dan misi Kabupaten Solok di Bidang Kesehatan. Selain itu juga meningkatkan pencapaian imunisasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Solok. Peringatan HKN ini lanjutnya, berlangsung selama dua hari dari tanggal 15 sampai dengan 16 November 2018. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh UPT Dinas Kesehatan yang ada di Kabupaten Solok, termasuk masyarakat Nagari Paninggahan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Solok membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Momentum HKN mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya menjaga kesehatan, dengan memprioritaskan promotive, preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. Lebih lanjut, Bupati mengajak seluruh elemen terkait untuk selalu berusaha mengurangi angka kematian ibu dan anak, kurang gizi, serta berbagai penyakit menular dan tidak menular.

“Kepada seluruh Kepala SKPD, Kepala Puskesmas dan Tenaga Kesehatan yang ada, agar mampu mengerahkan seluruh potensi, dalam rangka menyelesaikan masalah di daerah masing-masing. Puskesmas dan tenaga kesehatan, harus mengambil peran dalam mencerdaskan masyarakat, untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih dan sehat”, demikian ungkap Gusmal.

Rangkaian acara HKN ke 54 ini telah diawali dengan berbagai perlombaan antar UPT dilingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok diantaranya Badminton, Volly Ball, Senam Cerdik Kreasi, Cerdas Cermat Kader, Penyuluhan Kader, Tenaga Kesehatan Bededikasi, Lomba TOGA Puskesmas, Lomba Tenda terbersih dll.

Rangkaian puncak peringatan HKN ke 54 ini juga diwarnai dengan beberapa pemberian penghargaan, diantaranya Pelaksana Imunisasi MR Terbaik, yang diraih oleh PAUD Ananda Batu Bajanjang Bukik Sileh, SMP Negeri I Kubung, Posyandu Limau Puruik Sei Nanam, Puskesmas Alahan Panjang (cakupan 90.19 %), Puskesmas Talang Babungo (cakupan 90.08 %), serta Kecamatan Lembah Gumanti.

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada Nagari dengan  Program Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) terbaik, yang diperoleh oleh Nagari Siaro-Aro Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Nagari Peduli Sehat diberikan kepada Nagari Gantung Ciri Dan pemberian penghargaan kepada Pejabat Eselon II yang tidak merokok dalam rangka mendukung program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)  yang diberikan kepada Aswirman, SE, MM Sekretaris Daerah, Noviarman, S. Sos Staf Ahli Bidang Politik, Editiawarman, S. Sos. MSi Kepala Dinas Sosial, drh. Kenedy Hamzah Kepala Dinas Perikanan dan Pangan ,Zulfahmi, SH, MM Kepala Dinas DPPKBP3A, Drs. Zulkisar, MM Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Medison, S. Sos, M. Si Kepala DPMN, Bakhrizal Bakti, SKM, M. Kes Kepala Perpustakaan dan Arsip, Drs. Dasril, MM Kepala BPBD, Deni Prihatni, ST, MT Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Drs. Efriadi, MM Kepala Pol PP dan Damkar.(admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment