Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Solok Tahun 2021

By Dinkes Solok 01 Feb 2021, 22:22:23 WIB Kesehatan

Berita Terkait

Berita Populer

Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Solok Tahun 2021

Arosuka- Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Solok dilakukan hari ini senin ( 01/02/2021 ) yang bertempat di aula RSUD arosuka. Dihadiri oleh Bupati Solok di wakili oleh Sekda, FORKOPIMDA Kabupaten Solok, Kepala Cabang BPJS Solok, Kepala SKPD, Badan dan Kantor, Organisasi Profesi Kesehatan, RSUD arosuka.

Pada awal sambutan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dr. Maryeti Marwazi, MARS mengatakanPada Pencanangan Hari ini akan dilakukan Vaksinansi kepada Pejabat Esensial Kabupaten Solok setelah di Canang kan oleh Bapak Bupati nantinya. Sebagai Sasaran Tahap I ini yaitu Tenaga Kesehatan Kabupaten Solok, serta tenaga Kesehatan Praktek Kesehatan Swasta, Klinik dan Rumah bersalin yang ada di wilayah Kabuapten Solok. Untuk jumlah sasaran Nakes di Kabupaten Solok sebanya 1269 orang, dimana ini akan dimulai secara serentak pada hari Selasa, 02 Februari 2021 di seluruh Fasilitas Kesehatan/ Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah se-Kabupaten Solok.

  1. Tahap 1 dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021

Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten  tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

  1. Tahap 2 dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021

Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 2 adalah:

  1. Petugas pelayanan publik yaitu Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Negara  Republik Indonesia, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Kelompok usia lanjut (≥ 60 tahun).
  1. Tahap 3 dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022

Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 3 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

  1. Tahap 4 dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022

Sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya  dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Bupati Solok yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Solok Aswirman, SE, MM mengatakan dalam sambutannya Bupati Solok dan segenap FORKOPIMDA dan Jajaran pemerintahan Kabupaten Solok menyatakan mendukung dengan sepenuhnya untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19. Untuk itu mari kita bersama mendukung dan memberikan sosialisasi yang benar kepada masyarakat , agar usaha ini dapat mencegah serta menghapus Covid-19 di Kabupaten Solok yang kita cintai ini.

  1. Pemberian vaksin sebagai upaya memutus rantai penyebaran dan penguatan seluruh masyarakat dengan memperkuat ketahanan tubuh untuk melawan virus. Ibarat memasukkan ‘tentara’ dalam tubuh yang akan mempersiapkan tubuh mempersiapkan kemampuan melawan virus Covid-19.
  2. Memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu alat untuk memutus mata rantai penyebaran sehingga diharpkan menjadi Gerakan seluruh masyarakat.
  3. Vaksinasi ini jangan dipahami bahwa setelah mendapatkan vaksin dapat melakukan apa saja, tidak mengurangi kewaspadaan dengan Gerakan 5 M: Memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak (> 1 m), Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas.

Pelaksanaan Vaksinasi Perdana diwakili 18 orang pejabat Esensial Kabupaten Solok akan tetapi dari Skrining yang bisa untuk divaksin 12 orang  terdiri dari Azhar Nugroho, SH, SIK (Kapolres Solok), Kapten Baskir (Kodim 0309 Solok), Efa Darma (Waka Polresta Solok ), Joko Hendro Lesmono (Kabag OPS Polres Arosuka), dr. Hj. Sri Efianti (Ketua MKEK IDI cab. Solok), Riki Julia Putra (PPNI), Rina Marianas ( Ketua HAKLI), Lida Attica Alfi, SKM,MKM ( Sekretaris Dinas Kesehatan), Zulhaimi, SKM, MM (Kabid Kesmas), ), Drs, Zulfanardi, Apt ( Kepala IFK), Aska Aulia, S. Kep (Wasor Imunisasi Solok), Ali Muratwan (Promkes Dinkes) (admin).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment