IMPLEMENTASI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT DALAM MEWUJUDKAN NAGARI SEHAT KABUPATEN SOLOK KUAT

By Dinkes Solok 18 Okt 2018, 16:21:58 WIB Kesehatan
IMPLEMENTASI GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT  DALAM MEWUJUDKAN NAGARI SEHAT KABUPATEN SOLOK KUAT

Keterangan Gambar : Penyerahan Piagam kepada Kader Kesehatan Yang Telah Bekerja Lebih dari 10 Tahun


Arosuka – Rabu (17/10) Bupati Solok yang diwakili Asisten II Ekbang Kesra Drs. Aliber Mulyadi membuka secara resmi acara penggerakan masyarakat dalam rangka Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) kegiatan dilaksanakan di Lapangan Ampera Cubadak Gadang Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Kepala SKPD se Kabupaten Solok, Forkompimcam Kecamatan Hiliran Gumanti, Kepala Puskesmas se Kabupaten Solok, TP PKK, Walinagari sekecamatan Hiliran Gumanti, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat dan masyarakat Talang Babungo.

Dalam sambutan Bupati yang disampaikan oleh Asisten II Ekbang Kesra “ Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat”.

Kegiatan GERMAS pada tahun 2018 bertitik fokus pada 5 kegiatan yaitu : Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, Menkonsumsi sayur dan buah setiap hari, Periksa kesehatan secara rutin, Tidak merokok dan Mengunakan jamban sehat. Demikian di paparkan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Lida Attica Alfi, SKM mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok.

Senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi yang diwakili Sekretaris H. Windasnofil, SKM. MM bahwa “ Gerakan Masyarakat Hidup Sehat tidak dapat selesaikan oleh sektor kesehatan saja, peran OPD dan lembaga lainya juga ikut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Ampera Cubadak Gadang Talang Babungo adalah :

  1. Senam Massal
  2. Makan Buah bersama
  3. Penampilan vocal group Mars Germas Puskesmas Talang Babungo
  4. Pemeriksaan Kesehatan : Cek Tekanan Darah, Gula Darah dan Kolesterol, IVA Test, Imunisasi MR
  5. Penampilan Senam Cerdik dan CTPS dari anak sekolah

Kegiatan GERMAS diakhiri dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada Kader Kesehatan yang sudah 10 tahun lebih memberi pengabdiannya yang diberikan oleh Bupati Solok. (admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment